Posted by: Warna-warni Bumi | 2009, November 15

Hati Manusia yang Ajaib

Adalah fitrah manusia ingin dicintai dan tak ingin dibenci siapapun, tapi keinginan ini tidak selamanya terwujud! Karena tidak semua orang berhati yang sama. Ini tidak terlepas dari karakter hati itu sendiri dan berbeda-bedanya kecendrungan hati setiap manusia. Jikalau kita menilik karakter hati manusia, kita akan menemukan sebuah keajaiban yang luar biasa.

Dinamakan hati manusia dengan `qalbu` karena hati sangat mudah untuk berbolak balik dari satu ke kondisi yang lain. Cepat berubah, bahkan lebih cepat dari kelereng yang bergelinding. Cepat timbulnya kecendrungan. Mudah untuk simpati. Mudah untuk mencintai. Mudah tersentuh. Tapi perasaan itu juga mudah untuk pudar dan habis tanpa bekas. Dalam sesaat cinta bisa berubah jadi benci. Perasaan iba bisa berubah menjadi sebuah kebengisan. Kemarahan bisa meledak dalam sesaat. Emosi bisa mengelora dalam hitungan detik. Sadarilah dengan jujur rahasia hati.

Hati manusia tidak ada yang konsisten, selalu satu keadaan sepanjang waktu. Justru, selalu mengalami perubahan, yang kadang sangat ekstrem. Bagaimanapun, hati manusia bukanlah miliknya, hati manusia adalah milik Allah dan Allah yang membolak-balikkannya. Oleh karena itu, anda tidak bisa memilik dan menguasai hati orang lain selamanya. Anda hanya bisa berupaya, agar kecendrungan dan rasa simpatinya langgeng. Tapi anda tidak bisa memaksakannya! Upayakanlah untuk proporsional dalam menyikapi orang lain. Berusahalah untuk lebih banyak memahami, daripada ingin dipahami, agar anda tidak mudah kecewa dan pada akhirnya menyesali perasaan yang telah dipersembahkan selama ini. Persembahkanlah hati terbaik untuk Allah, kecintaan tertinggi titipkanlah kepada Allah, jangan kotori! Agar tidak ada yang terluka olehnya. Semoga tidak akan pernah terjadi penyesalan. Karena hati-hati yang bersihlah yang akan diterima oleh Allah.

Bila harus mencintai, mari kita renungkan sejenak sebuah pesan singkat yang disampaikan oleh Rasul saw:
“Cintailah orang-orang yang anda cintai dengan proporsional, karena boleh jadi orang yang anda cintai akan menjadi orang yang paling anda benci pada suatu hari kelak. Bencilah orang-orang yang anda benci dengan proporsional, karena boleh jadi orang yang anda benci akan menjadi orang yang paling anda cintai pada suatu hari kelak.”

Di riwayat lain disebutkan:
“Sebaik-baik urusan adalah pertengahannya.”
Jangan terlalu ekstrem dalam mencintai, dan juga jangan menganggap enteng cinta. Agar kestabilan hati yang begitu ajaib tetap terjaga. Beghitu juga dalam membenci. Harus ada keseimbangan dan kearifan dalam menyikapi. Jangan terlalu antipati, dan menutup hati selamanya! Karena hati bisa berubah-berubah kapanpun dan dimanapun, tanpa disadari.

Kita terlahir bukan untuk mencintai orang yang sempurna. Karena tidak ada manusia yang terbebas dari aib dan cela. Tapi kita dituntut untuk mencintai dengan sempurna manusia yang sudah beghitu adanya. Kita juga bukan terlahir untuk mencela dan membenci manusia yang punya aib dan cela, tapi kita lahir untuk melengkapi dan menutupi aib dan kekurangan yang ada.
Fakta membuktikan bahwa betapa banyak orang-orang telah berkorban nyawa dan harta dalam memperjuangkan cintanya. Mereka berkorban dengan motivasi yang beraneka ragam.

Fakta lain membuktikan bahwa dikala cinta sedang bersemi, segala aib dan kekurangan tertutupi oleh perasaan cinta, bahkan kadang dianggap sebagai kelebihan. Ketika cinta gagal, segala aib pun nampak, bahkan kelebihan-kelebihan yang ada masih dianggap aib!
Jika berani mencintai, harus siap juga untuk berpisah:
Baginda Rasul Saw. menyampaikan:
“Cintailah sesuka hatimu, namun engkau pasti akan berpisah dengannya.”

Ya Allah, Zat Yang Maha Membolak-balikkan hati, kokohkanlah hati kami untuk konsisten dengan agamaMu, mencintaiMu, dan mencintai RasulMu
Ya Allah anugerahkanlah kami cintaMu, cinta orang-orang yang mencintaiMu, dan segala amal yang mendekatkan kami kepada cintaMu.

Penulis: http://alnof.multiply.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: