Posted by: Warna-warni Bumi | 2009, November 14

Manfaatkanlah Waktu

Penyesalan selalu datang terlambat. Selalu kita temui di sekitar kita atau bahkan terjadi pada diri kita sendiri. Melupakan pentingnya waktu dan baru sadar saat waktu itu pergi. Seringkali kita baru menyadari bahwa waktu ternyata begitu penting dan barharga saat dirinya sudah tidak punya waktu lagi. Dalam sebuah sabda Rasulullah, “Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terperdaya; nikmat sehat dan waktu luang.“

 

Entah disadari atau tidak, sebenarnya berlalunya waktu berarti hilang pula kesempatan kita mengisi dan menikmati waktu itu dengan hal yang bermanfaat, tak mungkin kita bisa mengulanginya atau kembali ke masa lalu. Waktu akan terus berjalan dan berganti dengan waktu yang baru, dimana dalam masing-masing waktu kita memiliki muatan yang berbeda-beda.

 

Meskipun waktu itu penting, namun kebanyakan manusia cenderung meremehkan waktu. Sebenarnya banyak diantara mereka yang tahu bahwa waktu itu begitu berharga. Tetapi mereka tidak memahami apakah ukuran berharga itu. Begitu pula banyak orang yang tidak memahami karakteristik waktu, mereka santai saja waktunya hilang karena menyangka akan diganti dengan waktu yang baru. Selain itu, banyak manusia yang tidak sadar bahwa waktunya di dunia sangat terbatas. Ia dibatasi oleh kematian yang mana waktu datangnya tidak diperkirakan. Kita harus mengisi hari ini dan mempersiapkan masa mendatang dengan amal yang lebih baik.

 

KARAKTER WAKTU

 

1. Begitu Cepat Ia Berlalu
Tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu, usia kita semakin tua, satu persatu orang yang kita kenal dan cintai pergi meninggalkan kita. Nanti, besok, atau lusa pun mungkin giliran kita yang akan segera menyusulnya. Kini semuanya dihadapkan pada kenyataan, bahwasanya waktu begitu cepat berlalu.

 

“ Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, meraka merasakan seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan ( sebentar saja ) di waktu sore atau pagi hari.” ( Q.S. 79:46 ).

 

2. Jika Waktu Adalah Pedang
Waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak menggunakannya secara baik, maka ia tidak membawa manfaat tetapi justru akan mencelakakan kita. Waktu akan bisa mendatangkan manfaat yang banyak apabila dipergunakan secara tepat dan benar. Waktu juga bisa berbahaya apabila tidak digunakan secara baik, bahkan menimbulkan kerugian sepanjang hidup sampai akhirat.

 

“ Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. “ ( Q.S. 103:1-3 )

 

Keterampilan menguasai waktu perlu didasari dengan iman yang kuat sehingga bisa menjadi sebuah amal shaleh. Berbuat baik saja tidak cukup, tanpa adanya landasan iman dan syariat. Kepandaian mengatur dan mengendalikan waktu tidak akan berbuah pahala jika tidak didukung dengan keimanan kepada Allah dan ketundukan kepada syari’atNya.

 

3. Yang Pergi dan Tak Kembali
Buanglah jauh-jauh khayalan atau mimpi kosong para pembuat film, dimana mereka menyusun cerita tentang seseorang yang mampu kembali ke masa lalunya dengan mesin waktu atau pesawat canggih, hal itu tak lain hanyalah bualan atau angan-angan yang tak bermanfaat. Banyak orang menyesal dan berharap bahwa mereka akan kembali dapat mengulang masa lalunya walaupun sebenarnya mereka sadar bahwa hal itu mustahil dan tidak membawa manfaat sama sekali.

 

“ (Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “ Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia). Agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.” (Q.S. 23:99-100)

 

4.Karena Ia Begitu Berharga
Waktu adalah bagian kehidupan yang tidak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang manusia. Selama dirinya hidup di atas dunia, maka ia berjalan bersama waktu.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: