Posted by: Warna-warni Bumi | 2009, November 14

Yang Mana Karaktermu?

“Eh, kalo nyari MC or moderator si Andre aja,, dia itu sanguinis banget, bisa menghidupkan suasana.”

“Melankolis banget sih si Andin,,gampang banget dia merasa bersalah..”

“Emm, kalo curhat mendingan sama si Rere, dia plegmatis abis..”

“Ih, si Gina mah koleris banget maunya ngatur-ngatur melulu..”

Wah, pasti teman-teman udah sering denger hal-hal serupa di atas. Dan pastinya udah banyak juga yang tau tentang ke-empat hal itu. Di sini, aku cuma mau mengulas sedikit tentang keempat kepribadian itu.

Yup! Kita mulai..

1. Kepribadian Sanguinis Populer: Ekstrovert. Pembicara. Optimistik

EMOSI SANGUINIS POPULER

  • Kepribadian yang menarik
  • Suka bicara
  • Menghidupkan pesta
  • Rasa humor yang hebat
  • Ingatan kuat untuk warna
  • Memukau pendengar
  • Emosional dan demonstratif
  • Antusias dan ekspresif
  • Periang dan penuh semangat
  • Penuh rasa ingin tahu
  • Baik di panggung
  • Lugu dan polos
  • Hidup di masa sekarang
  • Mudah diubah
  • Tulus
  • Kekanak-kanakan

SANGUINIS POPULER SEBAGAI ORANG TUA

  • Membuat rumah menyenangkan
  • Disukai teman anak-anak
  • Mengubah bencana menjadi humor
  • Merupakan pemimpin sirkus

SANGUINIS POPULER DI PEKERJAAN

  • Sukarelawan untuk tugas
  • Memikirkan kegiatan baru
  • Tampak hebat di permukaan
  • Kreatif dan inovatif
  • Punya energi dan antusiasme
  • Mulai dengan cara cemerlang
  • Mengilhami orang lain untuk ikut
  • Mempesona orang lain untuk bekerja

SANGUINIS POPULER SEBAGAI TEMAN

  • Mudah berteman
  • Mencintai orang
  • Suka dipuji
  • Tampak menyenangkan
  • Dicemburui orang lain
  • Bukan pendendam
  • Cepat minta maaf
  • Mencegah saat membosankan
  • Suka kegiatan spontan

2. Kepribadian Melankolis Sempurna: Introvert. Pemikir. Pesimis

EMOSI MELANKOLIS SEMPURNA

  • Mendalam dan penuh pikiran
  • Analitis
  • Serius dan tekun
  • Cenderung jenius
  • Berbakat dan kreatif
  • Artistik atau musikal
  • Filosofis dan puitis
  • Menghargai keindahan
  • Perasa terhadap orang lain
  • Suka berkorban
  • Penuh kesadaran
  • Idealis

MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI ORANGTUA

  • Menetapkan standar tinggi
  • Ingin segalanya dilakukan dengan benar
  • Merapikan barang anak-anak
  • Mengorbankan keinginan sendiri untuk orang lain
  • Mendorong intelegensi dan bakat

MELANKOLIS SEMPURNA DI PEKERJAAN

  • Beroriantasi jadwal
  • Perfeksionis, standar tinggi
  • Sadar rincian
  • Gigih dan cermat
  • Tertib dan terorganisasi
  • Teratur dan rapi
  • Ekonomis
  • Melihat masalah
  • Mendapat pemecahan kreatif
  • Perlu menyelesaikan apa yang dimulai
  • Suka diagram, grafik, bagan, daftar

MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI TEMAN

  • Hati-hati dalam berteman
  • Puas tinggal di latar belakang
  • Menghindari perhatian
  • Setia dan berbakti
  • Mau mendengarkan keluhan
  • Bisa memecahkan masalah orang lain
  • Sangat memperhatikan orang lain
  • Terharu oleh air mata penuh belas kasihan
  • Mencari teman hidup ideal

3. Kepribadian Koleris Kuat: Ekstrovert. Pelaku. Optimis

EMOSI KOLERIS KUAT

  • Berbakat memimpin
  • Dinamis dan aktif
  • Sangat memerlukan perubahan
  • Harus memperbaiki kesalahan
  • Berkemauan kuat dan tegas
  • Tidak emosional bertindak
  • Tidak mudah patah semangat
  • Bebas dan mandiri
  • Memancarkan keyakinan
  • Bisa menjalankan apa saja

KOLERIS KUAT SEBAGAI ORANG TUA

  • Memberikan kepemimpinan kuat
  • Menetapkan tujuan
  • Memotivasi keluarga untuk kelompok
  • Tahu jawaban yang benar
  • Mengorganisasi rumah tangga

KOLERIS KUAT DI PEKERJAAN

  • Berorientasi target
  • Melihat seluruh gambaran
  • Terorganisasi dengan baik
  • Mencari pemecahan praktis
  • Bergerak cepat untuk bertindak
  • Mendelegasikan pekerjaan
  • Menekankan pada hasil
  • Membuat target
  • Merangsang kegiatan
  • Berkembang karena saingan

KOLERIS KUAT SEBAGAI TEMAN

  • Tidak terlalu perlu teman
  • Mau bekerja untuk kegiatan
  • Mau memimpin dan mengorganisasi
  • Biasanya selalu benar
  • Unggul dalam keadaan darurat

4. Kepribadian Phlegmatis Damai: Introvert. Pengamat. Pesimis

EMOSI PHLEGMATIS DAMAI

  • Kepribadian rendah hati
  • Mudah bergaul dan santai
  • Diam, tenang dan mampu
  • Sabar, baik keseimbangannya
  • Hidup konsisten
  • Tenang tetapi cerdas
  • Simpatik dan baik hati
  • Menyembunyikan emosi
  • Bahagia menerima kehidupan
  • Serba guna

PHLEGMATIS DAMAI SEBAGAI ORANG TUA

  • Menjadi orang tua yang baik
  • Menyediakan waktu bagi anak-anak
  • Tidak tergesa-gesa
  • Bisa mengambil yang baik dari yang buruk
  • Tidak mudah marah

PHLEGMATIS DAMAI DI PEKERJAAN

  • Cakap dan mantap
  • Damai dan mudah sepakat
  • Punya kemampuan administratif
  • Menjadi penengah masalah
  • Menghindari konflik
  • Baik di bawah tekanan
  • Menemukan cara yang mudah

PHLEGMATIS DAMAI SEBAGAI TEMAN

  • Mudah diajak bergaul
  • Menyenangkan
  • Tidak suka menyinggung
  • Pendengar yang baik
  • Selera humor yang menggigit
  • Suka mengawasi orang
  • Punya banyak teman
  • Punya belas kasihan dan perhatian

****

Gimana setelah melihat keempat rincian kepribadian di atas? Teman-teman termasuk yang mana?!

Sebenernya, setiap manusia punya keempat kepribadian itu, paling sedikit ada dua kepribadian. Yang berbeda adalah kadarnya, diantara keempatnya, tentu ada yang menonjol. Dari sanalah akan terbentuk kombinasi kepribadian, biasanya dua yang dominan. Misalnya, ada orang yang berkepribadian sanguinis-koleris, phlegmatic-melankolis, dan sebagainya. Insya Allah untuk kombinasi kepribadian, akan di bahas di postingan selanjutnya.

Trus kenapa kita perlu tahu tipe kepribadian kita dan orang lain? Intinya sih, biar kita bisa saling memahami kepribadian masing-masing. Ketika kita mengetahui karakter seseorang, maka dengan mudah kita bisa beradaptasi dengan karakternya. Kita jadi tahu bagaimana menghadapi teman kita yang sanguinis yang maunya berbicara terus. Nah, kalo kita phlegmatic, pas banget tuh,, karena orang phlegmatic biasanya menjadi pendengar yang baik.

Lantas,, adakah yang lebih baik dari keempat kepribadian itu?! Jawabannya, menurut Florence , tak ada yang paling baik. Semuanya baik. Tanpa orang sanguinis, dunia ini akan terasa sepi. Tanpa orang melankoli, mungkin tak ada kemajuan di bidang riset, keilmuan dan budaya. Tanpa kaum koleris, dunia ini akan berantakan tanpa arah dan tujuan. Tanpa sang phlegmatis, tiada orang bijak yang mampu mendamaikan dunia. Kelebihan dan kekurangan masing2 kepribadian bisa di lihat dalam gambar di bawah.

Yang penting bukan mana yang terbaik. Sebab kita semua bisa mengasah keterampilan kita berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill). Seorang yang ahli dalam berurusan dengan orang lain, ia akan mudah beradaptasi dengan berbagai watak itu. Ia tahu bagaimana menghadapi sifat pelupa dan watak acaknya kaum sanguinis, misalnya dengan memintanya untuk selalu buat rencana dan memintanya melakukan segera. Ia jago memanas-manasi (menantang) potensi orang koleris mencapai goal-nya, atau ‘membakar’ sang phlegmatis agar segera bertindak saat itu juga. Inilah seninya, kata Florence dalam berinteraksi dengan orang lain. Tentu saja awalnya adalah, Anda dulu yang harus berubah. Belajarlah jadi pengamat tingkah laku manusia(lalu tertawalah)!

Sumber: http:// perempuanlangitbiru.multiply.com

Responses

  1. bagus postinganny, apalagi kalimat yg terakhir
    Belajarlah jadi pengamat tingkah laku manusia(lalu tertawalah)!
    hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: