Posted by: Warna-warni Bumi | 2009, November 15

Batas Surga & Neraka

Betapa tipis batas antara surga dan neraka. tak terlihat. tak teraba oleh indra. bahkan ketika gerak-gerak yang seharusnya menjadi amal ahli surga, tiba-tiba dicatat sebagai dusta dan dosa. tak tersisa sedikitpun pahala. sirna. bahkan ketika surga telah jelas-jelas di depan mata. berdarah-darah di medan jihad, namun Allah melemparnya ke dalam jahannam. “Kau berperang karena ingin dikatakan perkasa! masuklah kau ke neraka!”

Batas itu bernama niat. kita sering mendengar hadisnya dari lisan-lisan para da’i, ketika mengutip hadis pertama dari hadis arba’in an-nawawi. “Sesungguhnya setiap amal bergantung pada niatnya..” sebagian dari kita telah menghafalnya. namun tetap saja, seringkali problema niat menjadi api utama yang membakar pahala-pahala. menjinakkannya lebih susah daripada menjinakkan singa.

Niat memang tak terlihat. lebih tipis dari selaput yang membungkus putih telur atas cangkangnya.maka tak heran jika yang hanya bisa melihatnya hanya Allah dengan dirinya.menjaga niat adalah memelihara tekad penghambaan yang terucap pada doa iftitah.”Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Rabb semesta alam.” bukan untuk selainNya.Inilah ikhlas, sebuah niat positif yang menjadikan amal-amal kebaikan bernilai surga.

Maka belum tentu ahli ibadah masuk surga. maka belum tentu ahli shalat, zakat, dan puasa masuk surga. semua bergantung pada selaput tipis yang tersimpan dalam dadanya. dan kematian, adalah kepastian bagi tempat abadi yang akan ia huni, surga ataukah neraka. Namun sayang, sekali lagi yang tahu hanya Allah dan dirinya. tak satu makhluk pun yang berani menghakimi. Wallahu’alam.

Rafif,25 Sept 2009

Penulis: http://rafif87.multiply.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: